Close

April 23, 2021

6 Menu Khas saat Bulan Suci Ramadhan

JAKARTA : Bulan Suci Ramadan tidak lengkap tanpa buka puasa bersama dengan kerabat terdekat. Nah, Indonesia punya ragam kuliner yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke, terbentang kekayaan rasa dan bumbu dalam masakan. Beberapa makanan tertentu menjadi favorit saat Ramadan, karena manis dan gurih. Berikut admin website SUC menyajikan beberapa makanan khas Nusantara dan asal Arab, untuk berbuka puasa.

1. Kurma (Arab)

Kurma merupakan buah wajib untuk mengawali buka puasa, yakni untuk hidangan takjil. Selain kurma, silakan nikmati jajan pasar dan gorengan sebagai takjil sebelum makan berat lainnya.

2. Bubur Kanji Rumbi (Aceh)

Makanan khas Aceh tidak hanya Mie Aceh. Ada pula bubur kanji rumbi. Bubur ini biasa dihidangkan sebagai makanan buka puasa di meunasah-meunasah (masjid). Menariknya, yang buat adalah para lelaki. Bubur ini dipercaya bisa menghangatkan badan setelah puasa seharian karena ada sepuluh rempah-rempah yang digunakan. Ada pengaruh Tiongkok dan India dalam bubur ini. Salah satunya adalah penggunaan kapulaga hijau.

3. Kolak Dingin (Medan)

Ini makanan khas di Medan, Sumatera Utara. Kolak bukan hanya disajikan panas. Di Medan, ada juga kolak dingin. Biasanya disebut Es Kolding. Singkatan dari es kolak dingin. Karena sifatnya yang dingin, pada hari biasa kolak ini terlihat nikmat saat disajikan siang hari. Pembeda utama dari kolding Medan adalah adanya ketan hitam dan roti tawar sebagai isi kolak. Tentu saja masih dengan pisang sebagai bahan utama.

4. Bubur Kampiun (Padang)

Kolak ini sebenarnya masuk kategori masakan Padang, Sumatera Barat. Sama seperti lainnya, bahan utamanya masih tetap pisang. Hanya saja pisang yang digunakan pisang tanduk. Pembeda utama dari bubur kampiun atau kolak Minang ini adalah ketan putih. Proses pembuatannya juga makan waktu lama seperti biasanya masakan Padang.

5. Lawa Jantung Pisang (Sulawesi)

Lawa jantung pisang merupakan makanan khas Sulawesi Selatan setiap bulan suci Ramadan. Makanan ini kerap jadi incaran. Rasanya sedikit masam dan gurih, sehingga menjadi daya tarik dan membuat penikmatnya ketagihan. Rasanya yang gurih akan semakin gurih bila lawa jantung pisang dihidangkan dengan ikan teri kering.

6. Satai Susu (Bali)

Anda tahu satai puting susu? Satai ini terbuat dari puting susu sapi. Menu makanan ini ramai disajikan tiap Ramadan di Bali. Entah di daerah lain ada atau tidak, di Bali–khususnya Denpasar–Anda bisa dengan mudah menemukan menu makanan ini di pusat-pusat kuliner Ramadan. Setiap tahun, satai puting susu menjadi kuliner yang diburu. Satai jenis ini paling ramai dijajakan selama Ramadan, walau sejumlah warga tetap menjualnya pada hari-hari biasa meski tak semarak saat Ramadan.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) merupakan perusahaan ekspedisi berusia 50 tahun dengan menggunakan sarana kendaraan truk dan kendaraan barang. SUC juga sudah memanfaatkan media sosial dalam upaya menyampaikan informasi, edukasi, maupun promosi kepada para pelanggan tercintanya. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami :

PT. Sumber Urip Cargo

JL Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Telpon: +62 (21) 6260966.

Fax: +62 (21) 6286056

No WA: +62 813 12345380

Email: [email protected]  

Social sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Chat Support

Silahkan klik pada Icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau anda juga dapat mengirimkan email ke  [email protected].com

× Butuh bantuan ?