Kompetensi SDM Logistik di Indonesia Masih Tertinggal

JAKARTA: Ketua Asosisiasi Logistik Indonesia (ALI) Chapter Banten, Sri Witjaksono, mengatakan SDM di bidang logistik yang kompeten dan profesional diperlukan untuk mendukung kinerja logistik dalam pengelolaan rantai pasok perusahaan. Kinerja logistik ini akan mempengaruhi daya saing produk agar bisa bersaing di dalam maupun luar negeri.

“Ketertinggalan SDM Indonesia dalam bidang logistik lebih karena dua faktor, yakni kualitas dan speed. Sumber daya manusia yang bekerja pada bidang logistik umumnya karena kebutuhan perusahaan dan bukan karena membangun kompetensinya dari awal,” ungkap Sri, dikutip dari detik.com (3/3/2023).

Direktur Eksekutif Supply Chain Logistics Center (SCLC), M. Ikrar Pramadi, menambahkan adanya kesenjangan yang cukup lebar antara program pendidikan dan pelatihan yang ada pada institusi perguruan tinggi dengan dunia usaha yang membutuhkan SDM di bidang logistik menjadi tantangan besar yang terjadi pada proses logistik di Indonesia.

“Kompetensi SDM logistik diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi logistik Indonesia. Pengembangan SDM menjadi kunci utama dalam mendorong kemajuan logistik dan rantai pasok nasional,” ujar Ikrar.

Politeknik Cetak SDM Industri Logistik

Menjawab tantangan dunia logistik saat ini, Program Studi Logistik Niaga Elektronik atau yang lebih dikenal sebagai Jurusan e-Commerce Logistics di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) bekerja sama dengan ALI Chapter Banten dan SCLC. Fokus kerja sama di bidang akademik ini dalam rangka menyiapkan SDM di bidang logistik yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

“Dengan mengintegrasikan kegiatan pembelajaran di MNP dengan berbagai kegiatan di bidang logistik, seperti program mengajar bersama praktisi kunjungan industri bersama ALI Banten dan SCLC diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga lebih siap menghadapi dunia industri di masa depan,” ujar Ketua Program Studi e-Commerce Logistics MNP, Dewi Hajar.

MNP, ALI Chapter Banter, dan SCLC melakukan seremoni penandatanganan Memorandum of Agreement (MoU) bersama pada Senin (27/2), bertempat di Nusantara Theatre, Kampus MNP, Tangerang. Kerja sama ini menekankan pada simbiosis mutalisme untuk meningkatkan kompetensi SDM di industri logistik Indonesia melalui pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan mendukung terbentuknya SDM logistik yang siap berdaya saing. SUC memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us