9 Jenis Truk di Jalanan Indonesia

JAKARTA: Sering lihat atau berpapasan dengan kendaraan truk di jalanan? Truk merupakan salah satu kendaraan andalan pengusaha atau pebisnis, karena dapat mengangkut muatan yang sangat berat dengan jarak yang sangat jauh. Meski soal kecepatan, truk kalah jauh jika dibanding mobil jenis penumpang, karena truk memang didesain dengan mengutamakan tenaga yang lebih besar dan biasanya menggunakan mesin diesel.

Artikel di bawah ini mengupas berbagai jenis dan kapasitas truk mulai dari yang memiliki kapasitas paling kecil hingga truk raksasa yang memiliki kapasitas super besar, bersumber dari laman www.mceasy.com

1. Pick Up

Pick up adalah jenis truk paling kecil, hanya memiliki 2 jenis sumbu roda dengan 4 jumlah roda yang terbagi di masing-masing sisinya. Kapasitas maksimal muatan truk kecil ini hanya sekitar 1,5 ton. Sebab, volume maksimalnya 1 CBM. Meski ada juga 6 CBM yang dibedakan berdasarkan bak yang digunakan. Selain untuk kepentingan komersial/niaga, pick up biasa dipakai untuk kegiatan yang antar-jemput barang atau muatan. Ada dua tipe yaitu single cabin dan double cabin.

2. Colt Diesel Engkel (CDE)

Colt Diesel Engkel memiliki ukuran yang lebih besar dari Pick Up, namun sama-sama memiliki 2 sumbu roda yang terbaik di bagian 2 roda depan dan 2 roda belakang. Tapi, kapasitas muatannya bisa menampung hingga 5 ton. Jenis ini kerap disebut truk engkel di Indonesia.

3. Colt Diesel Double (CDD)

Bentuk Colt Diesel Double hampir sama dengan truk engkel. Perbedaan yang paling terlihat adalah jumlah roda, yang sudah menggunakan 4 roda di bagian belakang. Masih menggunakan 2 sumbu, tetapi pada masing-masing sumbu roda belakang menopang 2 roda. Jenis ini bisa mengangkut muatan hingga 6 ton.

4. Fuso

Truk jenis ini hampir sama dengan truk CDD, namun kapasitas angkutnya bisa mencapai 7-8 ton. Pada umumnya, Truk Fuso dirakit oleh produsen yang fokus pada produk Niaga untuk kelas Light dan Medium Truk.

5. Tronton

Truk Tronton bisa menampung muatan lebih dari 10 ton-20 ton atau lebih. Truk Tronton memiliki 3 sumbu roda yang terbagi 1 sumbu roda di bagian depan dan 2 sumbu roda di bagian belakang. Truk Tronton memiliki 10 buah ban, 2 ban di bagian depan dan 8 ban di bagian belakang.

6. Trintin

Truk Trintin memiliki kapasitas muatan hingga 20 ton atau lebih. Truk jenis ini untuk mengangkut barang dengan jumlah besar dan banyak. Truk Trintin dan Tronton sama-sama memiliki 3 sumbu roda. Namun perbedaannya terletak pada bagian sumbu roda tengah sert penggunaan mekanisme power steeringnya menggunakan FWS (Four Wheel Steering). Truk Trintin memiliki 4 roda yang bisa dibelokan, yang terdapat pada sumbu roda depan dan tengah.

7. Trinton

Masih mirip dengan dua jenis truk sebelumnya, Truk Trinton dibuat dengan kapasitas muatan hingga 30 ton, dan memiliki 4 buat sumbu roda. Sumbu roda tersebut terbagi menjadi dua, yaitu 2 sumbu roda di bagian depan dan dapat digerakan pada saat membelok dengan mekanisme FWS. Kemudian 2 sumbu roda di bagian belakang yang terletak hampir berdekatan. Truk Trinton memiliki 12 buah roda.

8. Trailer

Truk Trailer memiliki kemampuan angkut antara 20 ton hingga 60 ton. Truk Trailer dibedakan dalam dua jenis yang dilihat dari jumlah sumbu dan ketinggiannya. Truk Trailer 20 feet memiliki jumlah sumbu 4 sampai 5, sedangkan Truk Trailer 40 feet memiliki 6 sumbu roda. Jumlah roda Truk Trailer sekitar 16 buah roda sampai 24 buah roda.

9. Wingbox

Wingbox merupakan jenis truk yang terlihat lebih menarik dibandingkan dengan Truk Tronton. Truk jenis ini memungkinkan pengguna dapat memproses bongkar dan muat barang dengan lebih cepat. Truk Wingbox hanya memiliki 2 sumbu dengan komposisi sama seperti Truk Tronton. Biasanya, truk ini disebut Truk Tronton Wingbox atau Truk Engkel Wingbox. Jadi, jenis truk apa yang terakhir Anda temui di jalan?

PT Sumber Urip Cargo (SUC) merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us