Dishub DKI dan Google Bikin AI untuk Urai Kemacetan di Jakarta

JAKARTA: Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI Jakarta) mengaku masih kesulitan mengurai kemacetan di Jakarta hingga saat ini. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi masalah kemacetan tersebut.

Kabar terkini, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menggunakan teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI), untuk mengatur durasi lampu lalu lintas di Ibu Kota. Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta, Emanuel Kristanto, menerangkan bahwa penggunaan teknologi terbaru itu merupakan bentuk kerja sama antara pihaknya dengan Google Indonesia.  “Kami tengah bekerja sama dengan Google Indonesia untuk optimasi traffic light di persimpangan. Mereka akan gunakan teknologi AI,” kata Emanuel, beberapa waktu lalu. Kata Emanuel, Dishub kerjasama dengan Google Indonesia dalam nota kesepahaman bertajuk “Green Light” pada November 2022.

Cara Kerja Teknologi AI

Cara kerja teknologi AI ini adalah melakukan analisa terhadap kepadatan lalu lintas secara langsung. Kemudian, data tersebut akan dikirimkan ke Dishub DKI untuk menjadi dasar pengaturan waktu lampu lalu lintas di setiap titik persimpangan. Sehingga, durasi lampu lalin itu akan berada setiap jam. Durasinya didasarkan pada kepadatan kendaraan yang melintas.

Secara garis besar, Google akan menggunakan teknologi AI mereka untuk menganalisa volume lalu lintas di persimpangan dan merekomendasikan waktu nyala hijau yang optimal di masing-masing kaki persimpangan. Data nanti dikirim ke Dishub, yang kemudian diaplikasikan di lapangan.

Diterapkan Tahun 2023

Penggunaan teknologi AI itu akan diterapkan pada tahun 2023. Uji cobanya itu pada koridor, mulai Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka dan Jalan Pemuda. Jadi sepanjang jalan ini lebih kurang 11 simpang.  Teknologi AI ini nantinya menganalisis volume lalu lintas dan merekomendasikan persimpangan jalan yang perlu diberi durasi lampu hijau menyala lebih panjang. Simpang-simpang ini akan menggunakan data satelitnya Google yang kemudian hasil identifikasi traffic light di sepanjang koridor itu akan diberikan ke kami untuk melakukan pengaturan ulang terhadap keseluruhan traffic light sehingga akan ada semacam prioritas (lampu) hijau.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) mendukung upaya pemerintah untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta agar pelaku usaha bisa mengirim barang/paket sesuai jadwal. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan mendukung pelaku bisnis tetap survive di tengah kondisi ekonomi seperti ini. SUC memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us