6 Sektor Untung Selama Mudik Lebaran 2023

JAKARTA: Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, memaparkan 6 (enam) sektor yang bakal berkinerja moncer selama Ramadan dan Lebaran 2023. Keenam sektor yang tumbuh tinggi tersebut adalah Sektor jasa transportasi, Sektor ritel, Sektor makanan dan minuman, Sektor penyediaan rest area, Sektor pakaian jadi, dan Sektor perhotelan,” ujar dia, Sabtu (15 April 2023), dikutip dari www.tempo.co

Menurut Bhima, konsumsi rumah tangga diperkirakan tumbuh 5,5% di Kuartal II 2023. Sehingga, selama lebaran, sumbangan konsumsi rumah tangga akan mendongkrak ekonomi sepanjang tahun.  Pertumbuhan Kuartal II 2023 atau bertepatan dengan lebaran diperkirakan tumbuh 5%-5,5% Year on Year (YoY). Porsi konsumsi rumah tangga pun relatif tinggi di kisaran 55-57% dari produk domestik bruto atau PDB.  “Kalau dibedah, saat lebaran baik 20 persen kelompok atas hingga 40 persen mengalami lonjakan preferensi belanja. Tidak sedikit rumah tangga yang siapkan konsumsi 2-3 bulan sebelum lebaran,” jelasnya.

Dia berharap momen lebaran ini bisa menjadi titik balik dari tekanan pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir. Bhima menilai banyak usaha mikro kecil menengah di daerah tidak sabar menanti efek lebaran. Mereka merekrut tenaga kerja lebih banyak dan tentu berharap omzet bisa sama dengan lebaran pra-pandemi.

Sekarang, kata Bhima, tinggal tugas pemerintah untuk mengendalikan tingkat inflasi sehingga konsumsi selama lebaran bisa maksimal, serta menjaga kelancaran arus mudik. Pemerintah daerah juga bisa dilibatkan untuk membuat beragam event menyambut lebaran, terutama di destinasi wisata. “Selama arus mudik bisa lancar, perputaran uang jadi lebih banyak,” jelasnya.

Berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pergerakan masyarakat diprediksi mencapai 123,8 juta orang selama masa Mudik Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 14,2% dibandingkan pergerakan masyarakat di masa Mudik Lebaran 2022 yang mencapai 85,5 juta orang.

Perputaran Uang

Bhima Yudhistira menjelaskan dampak dari mudik lebaran 2023 terhadap perekonomian Indonesia. Salah satunya, kata dia, uang beredar di daerah diperkirakan mencapai Rp 50-67 triliun.  “Angka ini didasarkan pada kenaikan mobilitas masyarakat yang mendorong belanja di momen lebaran,” ujar dia

Menurut Bhima, pembayaran tunjangan hari raya atau THR tanpa dicicil akan digunakan oleh masyarakat untuk mengirimkan sebagian uang ke sanak saudara di kampung halamannya. Kondisinya akan berbeda dengan puncak pandemi Covid-19, karena perusahaan sudah mampu bayar THR karyawan secara penuh menjadi katalis naiknya uang beredar.  “Kenaikan uang beredar juga dipicu oleh pertumbuhan kredit perbankan yang cukup positif,” kata Bhima.

Adapun daerah yang perputaran uangnya tinggi selama lebaran di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, serta provinsi di Sumatera Utara, Sumatera Barat hingga Sulawesi tenggara. “Di daerah yang akan dilalui pemudik atau tujuan destinasi wisata seperti Yogyakarta dan Bali pun terjadi kenaikan uang beredar,” tutur Bhima.  Mudik kali ini sudah seperti sebelum pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo atau Jokowi bahkan mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

PT Sumber Urip Cargo (SUC)  senang ada 6 sektor yang untung selama masa mudik lebaran 2023 agar perekonomian di daerah kembali bangkit dan jasa ekspedisi semakin sukses. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us