3 Saran SCI untuk Perbaikan Kinerja Logistik

JAKARTA: Kinerja logistik Indonesia dilaporkan merosot. Hal ini terindikasi dari Logistics Performance Index (LPI) RI yang turun 17 peringkat pada tahun 2023 dibanding lima tahun lalu atau 2018. LPI Indonesia kini di ranking 63 dari total 139 negara.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, LPI Indonesia masih perlu diperbaiki terutama pada empat indikator yang mengalami penurunan. “Yaitu international shipments, logistics competence and quality, timelines, serta tracking and tracing,” katanya pada peluncuran Sistem Indonesia National Single Window (SINSW) Generasi Kedua, Jumat (9/6/2023) 

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi menambahkan, perbaikan logistik harus dilakukan dengan perencanaan lintas Kementerian/Lembaga (K/L) terkait secara terintegrasi, serta melibatkan para pemangku kepentingan, terutama para pelaku usaha.

SCI memberikan solusi berupa tiga rekomendasi perbaikan sistem logistik Indonesia. Pertama, revisi Perpres 26/2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional untuk menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan perdagangan, teknologi, dan globalisasi selama lebih dari 10 tahun ini.

Kedua, pembentukan bentuk UU logistik karena kebutuhan regulasi yang kuat dalam sektor logistik serta untuk memayungi peraturan-peraturan perundangan di bawahnya. “Sebagai gambaran, sektor-sektor transportasi sebagai bagian sistem logistik justru diatur dalam bentuk UU, yaitu: UU 23/2007 tentang Perkeretaapian, UU 17/2008 tentang Pelayaran, UU 1/2009 tentang Penerbangan, dan UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ujarnya, Senin (12/6/2023).

Ketiga, pembentukan lembaga permanen bidang logistik karena logistik bersifat multisektoral dan multistakeholders. Di mana sektor logistik terkait dengan sejumlah K/L bahkan beberapa kementerian koordinator, juga menyangkut tidak hanya kepentingan pemerintah pusat, tetapi juga pemerintah daerah.

Sementara itu, SCI mengapresiasi peluncuran SINSW yang diharapkan akan meningkatkan dan memperluas cakupan layanan yang real time dalam mendukung percepatan pelaksanaan berusaha dan alur proses perdagangan internasional.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) berharap kinerja logistik semakin membaik dari tahun ke tahun. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa – termasuk Jawa Timur, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us