Presiden Resmikan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung

JAKARTA: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Senin (2/10/2023) pagi. Peresmian tersebut dilakukan secara langsung di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur. “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” ujar Presiden Jokowi mengutip dari setkab.go.id.

Sebelum resmi beroperasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah melakukan uji coba publik secara gratis. Uji coba yang berlangsung selama tiga minggu tersebut mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat.

Uji coba ini ternyata jadi sorotan media asing. Contohnya, AP melaporkan bahwa Indonesia meluncurkan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara, sebuah proyek utama di bawah inisiatif infrastruktur Belt and Road Tiongkok. Tujuannya, memangkas waktu perjalanan antara ibu kota dan kota-kota besar lainnya dari tiga jam saat ini menjadi sekitar 40 menit.

Dalam artikel bertajuk “Indonesia is set to launch Southeast Asia’s first high-speed railway, largely funded by China,” proyek ini mengalami penundaan dan peningkatan biaya, dan beberapa pengamat meragukan manfaat komersialnya. Namun Presiden Joko Widodo telah memperjuangkannya dan akan meresmikan jalur kereta api sepanjang 142,3 kilometer saat mulai beroperasi secara komersial.

Jokowi bersama dengan pejabat tinggi lainnya menaiki Whoosh dari stasiun pertamanya, Halim KCBJ di Jakarta Timur ke stasiun Tegalluar di Bandung, stasiun terakhir dari empat stasiun di jalur tersebut.

Proyek senilai US$ 7,3 miliar yang sebagian besar didanai oleh Tiongkok dan dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia-Tiongkok (KCIC). Kereta ini akan menjadi yang tercepat di Asia Tenggara, dengan kecepatan hingga 350 kpj (217 mph).

PT Sumber Urip Cargo (SUC) berharap Kereta Cepat ini bisa memacu laju bisnis dan perekonomian daerah di Jawa Barat dan sekitarnya. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa – termasuk Jawa Timur, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us