Bos Freeport: Pengusaha Tertarik Investasi di Jatim Karena Kondusif

JAKARTA: Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI), Tony Wenas, membocorkan alasan sejumlah pengusaha yang berinvestasi di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Salah satunya karena faktor kondisi bisnis yang kondusif. “Pertumbuhan ekonomi Jatim akan sangat dipengaruhi oleh adanya investasi dari luar Jatim dan luar negeri. Salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh investor adalah kondisi makro ekonomi Jatim yang menjanjikan,” kata Tony, dalam keterangannya kepada media, Senin (13/11/2023).

Tony juga menyampaikan faktor lainnya adalah kestabilan politik dan pemerintahan, situasi keamanan kondusif serta masyarakat Jatim yang rukun dan tenang. Dia mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur (Jatim) yang mengalami peningkatan sebesar 4,86% (YoY) di Q3-2023. Disamping itu, tingkat inflasi Jatim turun menjadi 0,27% pada Oktober 2023 dari 0,32% pada September 2023. Data pencapaian tersebut, menurut Tony, memperlihatkan potensi untuk menarik investasi baru di Jatim.

Menurutnya, ekonomi Jatim diuntungkan dengan adanya berbagai proyek atau industri. Salah satunya kehadiran smelter milik PTFI di kawasan Java Integrated Industrial Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

Smelter Kedua Freeport

Hingga akhir Oktober 2023, pembangunan smelter PTFI di Gresik sudah mencapai lebih dari 80 persen dengan nilai investasi Rp43 triliun. Dia optimistis konstruksi fisik smelter PTFI selesai pada Desember 2023. “Setelah konstruksi fisik smelter PTFI rampung, kami akan melakukan tahapan pre-commissioning dan commissioning untuk mengintegrasikan sistem. Lalu, PTFI Smelter akan mulai beroperasi pada Mei 2024 dan produksi pada Agustus 2024,” kata Tony.

Menurutnya, smelter yang dibangun ini adalah smelter kedua. PT Smelting merupakan smelter pertama yang berlokasi di Gresik dan sudah mulai produksi sejak tahun 1999. Akhir 2023 nanti, PT Smelting akan melakukan ekspansi dari satu juta ton menjadi 1,3 juta ton, menambah kapasitas pengolahan sebesar 300 ribu ton konsentrat tembaga. “Ini akan diresmikan dan mulai beroperasi di tanggal 15 Desember 2023,” ujarnya.

Tony kemudian meyakini ekonomi Jawa Timur akan semakin meningkat karena potensinya sangat besar. Selain terdapat banyak proyek dan industri, ia mengatakan, jumlah pelabuhan yang sudah banyak saat ini akan ditambah lagi. “Bahkan ada rencana pembangunan jetty (dermaga) sehingga Jawa Timur akan menjadi salah satu hub perdagangan dan sumber industri yang terbesar,” ungkapnya.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) mengapresiasi PT Freeport Indonesia yang membangun pabrik smelter kedua di Gresik, Jatim. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa – termasuk Jawa Timur, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us