Kemenhub Himbau Warga Antisipasi Peak Season saat Liburan Nataru

JAKARTA: Anda dan keluarga hendak Liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru)? Perhatikan baik-baik pesan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini. Kemenhub memperkirakan akan ada lonjakan penumpang di tanggal-tanggal tertentu pada momentum Nataru tahun ini.

Direktur lalu lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Hendri Ginting, mengatakan lonjakan penumpang diprediksi terjadi pada periode sebelum dan sesudah Natal dan Tahun Baru, misalnya pada tanggal 21 Desember 2023. Hal ini dikarenakan tanggal tersebut bertepatan dengan libur menjelang dan anak sekolah. “Kemudian tanggal 28 Desember juga tertinggi penumpang. Kemudian pasca tahun baru tertingginya di tanggal 7 Januari 2024 karena jadwal masuk sekolah pasca liburan,” kata Hendri dalam acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkatan Laut Natal dan Tahun Baru 2023/2024, Jakarta, Selasa (5/12/2023), dikutip dari www.detik.com

Maka dari itu, jelas Hendri, Kemenhub telah menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan penumpang dan lalu lintas pergerakan angkutan laut. Salah satunya dengan cara menyiapkan kapal penumpang di berbagai pelabuhan.

Kemenhub menyiapkan sebanyak 1.354 armada kapal laut dengan kapasitas angkut 242.069 penumpang. Dengan rincian, sebanyak 26 unit kapal penumpang dari Pelni dengan kapasitas angkut 51.296 penumpang. Sebanyak 120 unit armada perintis dengan kapasitas angkut 38.966 penumpang, dan sebanyak 1.208 armada swasta dengan kapasitas 151.042 penumpang.

Disamping itu, Kemenhub juga akan melakukan pengawasan terhadap aspek keselamatan penumpang. Dia pun meminta kepada pihak operator di lapangan untuk menyesuaikan penambahan penumpang dengan alat keselamatan.

Sedangkan, kementerian ini juga memaparkan langkah-langkah antisipasi cuaca dan manajemen bencana darurat. Untuk antisipasi cuaca, di setiap kapal sudah disediakan dua peralatan automatic weather station (AWS). Alat tersebut digunakan untuk memberi informasi terkait data cuaca terkini dan area dilayari. “Kalau ada kecelakaan, bagaimana berkoordinasi otomatis dengan Basarnas hadir, tapi harapan kita ke depan Basarnas tidak perlu turun ke lapangan ya karena semuanya berjalan dengan baik. Perencanaan dengan baik sehingga teman-teman Basarnas cukup standby di pos masing-masing tapi ready kalau ada calling kalau ada bencana. Doa kita semuanya jangan sampai ada bencana,” jelasnya.

Adapun nantinya akan mengawasi dengan menggelar posko pemantauan angkutan laut mulai tanggal 18 Desember sampai 8 Januari 2024 di 264 pelabuhan pantau. Pemantauan akan dilaksanakan ke beberapa pelabuhan yang berpotensi terjadi kenaikan penumpang.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) berharap Liburan Nataru berjalan lancar dan aman. SUC memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us