Neraca Dagang RI Surplus 44 Bulan Beruntun

JAKARTA: Kabar baik bagi pelaku usaha Indonesia. Neraca perdagangan Indonesia pada periode Desember 2023 surplus US$ 3,3 miliar. Capaian ini merupakan yang ke-44 bulan berturut-turut dan dianggap sebagai bukti bahwa neraca perdagangan Indonesia tetap baik di tengah perlambatan ekonomi global.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Kacaribu, mengatakan surplus neraca perdagangan menunjukkan daya tahan perekonomian Indonesia di tengah peningkatan risiko global. Secara kumulatif sepanjang 2023 total surplus neraca perdagangan Indonesia mencapai US$ 36,93 miliar. “Meski mengalami penurunan dibandingkan 2022, surplus neraca perdagangan di tahun 2023 kemarin menunjukkan daya tahan eksternal perekonomian nasional di tengah peningkatan risiko global, termasuk moderasi harga komoditas dan perlambatan ekonomi negara mitra dagang utama seperti China,” kata Febrio di Jakarta, Selasa (16/1/2024), dikutip dari laman www.detik.com

Nilai ekspor Indonesia pada 2023 tercatat sebesar US$ 258,82 miliar atau di bawah capaian ekspor tahun 2022 yakni US$ 291,90 miliar. Meski menurun, dari sisi volume ekspor Indonesia tahun 2023 masih tumbuh 8,55% (yoy). “Perlambatan nilai ekspor sejalan dengan moderasi harga komoditas unggulan Indonesia seperti minyak kelapa sawit dan batu bara. Selain itu, perlambatan ekonomi di sejumlah negara mitra dagang utama Indonesia juga memberikan andil terhadap perlambatan nilai ekspor Indonesia,” jelas Febrio.

Sepanjang 2023, ekspor Indonesia masih terkonsentrasi di Tiongkok dengan share 25,66%, AS (9,57%), dan India (8,35%). Sedangkan ekspor Indonesia menuju ASEAN dan Uni Eropa masing-masing 18,35% dan 6,78% terhadap total ekspor di 2023.

Kemudian, impor Indonesia di 2023 mencapai US$ 221,89 miliar, turun 6,55% (yoy) dibandingkan 2022. Penyumbang terbesar perlambatan impor yaitu mesin atau perlengkapan elektrik dan bagiannya. Sedangkan mesin dan peralatan mekanis dan bagiannya menyumbang kenaikan impor.

Sama seperti ekspor, secara volume impor Indonesia masih tumbuh positif 8,04% (yoy), sejalan dengan masih kuatnya permintaan domestik. Secara sektoral, impor barang modal dan barang konsumsi mencatatkan pertumbuhan positif, sementara impor bahan baku mengalami penurunan.

Pada 2024 aktivitas ekonomi global diperkirakan masih akan menghadapi risiko dan ketidakpastian, tercermin pada proyeksi perlambatan pertumbuhan ekonomi global oleh berbagai lembaga internasional yang juga diikuti oleh moderasi harga komoditas. Hal itu diakui secara langsung akan memberikan pengaruh terhadap aktivitas perdagangan Indonesia di 2024. “Pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan global terhadap ekspor nasional, serta menyiapkan langkah antisipasi melalui dorongan terhadap keberlanjutan hilirisasi SDA, peningkatan daya saing produk ekspor nasional, serta diversifikasi negara mitra dagang utama,” jelas Febrio.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) menilai surplusnya perdagangan Indonesia juga berpengaruh terhadap pertumbuhan kinerja pelaku usaha sektor logistik. Sehingga, perekonomian Indonesia semakin berkembang. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa – termasuk Jawa Timur, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us