ASDP: Penyeberangan Jangkar-Lembar Dorong Kelancaran Logistik Jawa-Lombok

JAKARTA: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan kesiapan dalam mendukung pengalihan layanan penyeberangan Jangkar-Lembar. Jangkar berada di Situbondo, Jawa Timur. Sedangkan, Lembar di Lombok Barat, NTB.

Pengalihan ini dilakukan dalam rangka mengurangi kepadatan, kelancaran trafik dan mengurangi beban jalan akibat kendaraan angkutan barang yang melewati jalan nasional serta kawasan wisata yang berada pada Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Langkah tersebut juga bagian antisipasi potensi kebangkitan ekonomi secara signifikan setelah akses Tol Purbowangi tersambung.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, mengungkapkan pengoperasian Jangkar-Lembar secara permanen tersebut diambil dengan mempertimbangkan berbagai analisa manfaat mulai dari aspek regulasi & government, aspek ekonomi & lingkungan, aspek operasional & pelayanan, aspek keselamatan (safety), aspek konsumen, aspek bisnis (usaha), dan aspek kesisteman. “Terbukti dengan pengoperasian layanan penyeberangan di lintas Jangkar-Lembar menciptakan pola operasional yang jauh lebih lancar & seamless baik di Pelabuhan Ketapang maupun di Pelabuhan Jangkar,” ujar Shelvy, dalam website resmi ASDP, www.asdp.id

Lintas Jangkar-Lembar yang beroperasi pada Desember 2023 bersamaan pelaksanaan Angkutan Nataru. Pengoperasian tersebut mendorong antusiasme yang cukup tinggi. Realisasi data produksi di lintas penyeberangan Jangkar-Lembar selama periode 7-17 Januari 2024, komposisi muatan didominasi kendaraan logistik yakni 82,6% (381 unit) diikuti Kendaraan Roda 4 sebesar 7,8% (36 unit), Roda 2 sebesar 9,1% (42 unit), dan Bus sebesar 0,4% (2 unit).

Maksimal tonase kendaraan yang dapat dilayani di Pelabuhan Jangkar, Situbondo adalah 40 Ton dimana hal ini tentunya juga mendukung program pemerintah dalam menegakkan aturan berkaitan dengan Over Dimension Over Loading (ODOL). “Dengan dioperasikannya layanan lintas penyeberangan Jangkar-Lembar ini menambah kapasitas (daya tampung) Pelabuhan Ketapang dan kapasitas (daya tampung) Jangkar-Lembar. Selain itu pola operasional & pelayanan di pelabuhan dan angkutan penyeberangan menjadi semakin efektif, terukur, lancar, dan selamat (seamless) ” tambahnya.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) mendukung upaya pengoperasian Lintas Penyeberangan Jangkar-Lembar, karena meningkatkan pertumbuhan industri kapal penyeberangan, industri logistik dan ekspedisi. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa – termasuk Jawa Timur, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us