Presiden Joko Widodo Resmikan 4 Bandara di Sulteng

PALU: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat bandara yang terletak di Pulau Sulawesi. Keempat bandara itu antara lain Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu, Bandara Prins Mandapar di Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno di Siau, Bandara Bolaang Mongondow.

Seremoni peresmian bandara dilakukan di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, sementara sisanya dilakukan secara virtual. Turut mendampingi Jokowi dalam kesempatan itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, siang ini saya resmikan rehabilitasi, rekonstruksi dan pembangunan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Bandara Prins Mandapar t, Bandara Taman Bung Karno, Bandara Bolaang Mongondow, terima kasih,” katanya di Palu, Sulteng, Selasa (26/3/2024).

Rincian anggaran untuk pembangunan keempat bandara antara lain, Rp 276 miliar untuk Bandara Prins Mandapar di Banggai Laut, Rp 599 miliar untuk Bandara Taman Bung Karno, Rp 391 miliar untuk Bandara Bolaang Mongondow, dan Rp 567 miliar untuk Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu.

Pada kesempatan itu, Budi Karya menyebut Bandara Mutiara Sis Al-Jufri bisa menampung 3 juta penumpang, dengan panjang runway 2.510 meter dan lebar 45 meter. Harapannya bandara ini bisa mendukung mobilitas orang dan barang ke Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. “Sehingga nanti kota Palu sebagai feeder atau sebagai supplier IKN sudah siap dengan fasilitasnya,” tuturnya.

Sebagai informasi, Bandara Sis Al-Jufri direkonstruksi setelah rusak akibat gempa bumi pada 2018 lalu. Rehabilitasi dan rekonstruksi bandara Sis Al-Jufri dilakukan oleh Kemenhub dengan bantuan Asian Development Bank (ADB). Proses pengerjaan dilakukan sejak tahun 2020 dan selesai pada tahun 2023.

Bandara Mutiara Sis Al-Jufri memiliki panjang runway 2.510 x 45 meter sehingga mampu didarati pesawat terbesar Boeing 737-900ER. Sementara gedung terminal penumpang berukuran 19.476 m2.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) mendukung peresmian 4 bandara tersebut, agar meningkatkan perekonomian di Sulawesi Tengah dan transportasi menuju Kawasan IKN. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa – termasuk Jawa Timur, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us