Pemerintah Optimis Tol Non-Tunai Diterapkan Tahun ini

JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, optimistis implementasi sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) mulai pada tahun 2024 ini. Namun, sistem tersebut akan dimulai melalui sistem single lane free flow (SLFF) terlebih dahulu. “Saya berharap dan yakin MLFF ini akan diimplementasikan tahun ini. Tapi mungkin tidak langsung MLFF tapi SLFF dulu,” kata Basuki dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (28/5/2024), dikutip dari laman www.kumparan.com

Apalagi pemerintah berkomitmen dalam mempercepat implementasi sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh. Hal ini terlihat dari kebijakan yang dibuat pemerintah dalam beberapa pekan terakhir. Setelah menetapkan MLFF dalam proyek strategis nasional (PSN) non-APBN, pemerintah baru saja menerbitkan PP Nomor (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol. Melalui revisi PP Jalan Tol tersebut, MLFF resmi menjadi salah satu sistem transaksi jalan tol di Indonesia.

Menurut Basuki, untuk SLFF dalam implementasinya masih menggunakan portal penghalang pada gardu tol. Ia pun mengakui bahwa Indonesia tertinggal dengan beberapa negara yang sudah menggunakan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh. “Kita melangkah pelan-pelan dari cash ke non-cash, dan SLFF, dan kemudian saya yakin kita akan ke arah sana (MLFF),” kata Menteri.

Sementara itu, Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) , Attila Keszeg, mengapresiasi langkah progresif yang ditempuh pemerintah. RITS sebagai badan usaha pelaksana (BUP) program MLFF, telah siap untuk mengimplementasikan sistem tersebut sesuai jadwal yang ditargetkan pemerintah, yaitu mulai kuartal keempat tahun ini.

“Namun demikian, MLFF berbasis global navigation satellite system (GNSS) bukanlah solusi plug-and-play yang dapat dioperasikan secara mandiri,” kata Attila. Menurutnya, MLFF merupakan sistem yang sangat kompleks yang harus  dipersiapkan dengan baik, mulai dari teknologi, regulasi maupun kerja sama dengan pemangku kepentingan terkait lainnya.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) mendukung peningkatan mutu pelayanan pengguna jalan tol. SUC merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa – termasuk Jawa Timur, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:
PT. Sumber Urip Cargo

Jl. Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telpon: +62 (21) 6260966
Fax: +62 (21) 6286056
No WA: +62 813 12345380
Email: info@sumberuripcargo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

12 Ide Jualan Online yang Laris di 2024

JAKARTA: Era digital saat ini memberikan banyak peluang untuk kita memulai bisnis, melalui platform online. Punya pasar yang cukup luas, karena sudah banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Maka itu, penting

Read More »
×

Chat Support

Silahkan klik pada icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau Anda juga dapat mengirimkan email ke info@sumberuripcargo.com

× Contact Us