Perusahaan Anda mau kirim paket barang ke luar wilayah Jawa, Bali dan Lombok?

Jangan lupa. Ada teknik atau cara sederhana agar paket barang Perusahaan Anda atau milik Anda sendiri tetap aman hingga di tujuan. Asal tahu saja. Tanggung jawab pengemasan barang menjadi tanggung jawab bersama. Selain pihak ekspedisi, pihak pengirim juga bertanggung jawab dalam keamanan paket barang tersebut sebelum barang diterima pihak ekspedisi.

Bagaimana cara agar pengirim bertanggung jawab? Ya, lakukan pengemasan paket barang secara benar dan aman. Agar barang kiriman aman, Anda harus memberikan pengamanan sendiri selain ada pengaman tambahan dari ekspedisi. Berikut ini cara mengemas barang yang bisa dipraktikkan:

1. Kemas Paket Barang secara Berlapis

Anda perlu memberikan perlindungan berlapis pada barang tersebut agar barang yang dikirim aman dalam perjalanan. Caranya: a) Lapisi produk menggunakan bubble wrap. b) Bungkus kembali dengan karton/kardus.

Tips:

– Bila dalam satu kardus terdapat beberapa produk, maka setiap produk harus dilapisi bubble wrap secara terpisah ya.

– Pilih kardus terluar yang memiliki kualitas yang bagus dan berbahan keras, untuk hidanri penyok dan sobek pada kardus.

– Hindari memakai kembali kardus bekas ya. Sebab, kardus bekas sudah kehilangan kekuatannya, jadi risiko rusak lebih besar.

– Tutup celah dalam kardus kemasan. Celah dalam kemasan akan membuat barang bergerak-gerak dan tergoncang selama pengiriman.

– Gunakan koran bekas atau styrofoam untuk mengisi celah tersebut. Tutup sisi atas dan bawah kardus secara rapat dengan lakban. 

– Usahakan untuk menggunakan kardus kemasan yang sesuai dengan ukuran barang. Ukurannya jangan terlalu besar dari ukuran paket barang untuk hindari terlalu banyak celah kosong.

2. Pilih Kemasan Yang Tepat

Anda harus memilih kemasan yang tepat demi menghindari barang cepat rusak.

a) Jika kirim barang seperti baju, sebaiknya Anda memakai plastik. Kemudian rapatkan kardus pembungkus dengan lakban. Gunakan Tips-tips pada Poin (1).

b) Jika barang kiriman berupa barang elektronik, barang pecah belah, makanan, barang berdimensi besar, berjumlah banyak, dan bernilai tinggi seperti smartphone, layar LCD, laptop, CPU, tablet, atau cairan, sebaiknya menggunakan kemasan kayu dengan packing kayu berbentuk krat. Tujuannya agar barang tidak menjadi berat, karena packing kayu secara keseluruhan. Cara kedua agar isi barang terekspos adalah dilapisi kombinasi kayu khusus packing sebagai rangka dan kayu triplek sebagai ‘kulit’ pembungkus.

Kelebihan kemasan kayu berupa perlindungan mekanis yang baik terhadap barang yang dikemas, karena peti kayu punya karakteristik yang kuat terhadap tekanan dan tumpukan. Anda bisa mengemas kayu di ekspedisi tempat Anda mengirim barang. Biasanya mereka menyediakan packing kayu untuk pengiriman.

3.Beri Pengaman Tambahan

Pengirim tambahan ini bisa berupa bubble wrap untuk pecah belah atau double packing. Misal memasukkan kertas koran bekas atau karton lunak agar barang tidak mudah terguncang ketika dikirim atau selama perjalanan ke tempat tujuan. Anda juga bisa melakukan double packing secara mandiri atau minta bantuan petugas perusahaan ekspedisi, agar lebih aman. Perhatikan cara mengemas barang kiriman agar aman, nyaman dan barang tetap utuh hingga lokasi tujuan.

4. Pasang Stiker Peringatan

Pasang stiker peringatan di permukaan kardus atau packing kayu untuk menginformasikan kondisi barang di dalam paket. Supaya kurir dari ekspedisi yang Anda sewa tersebut dapat lebih berhati-hati saat membawa atau mengangkat paket barang tersebut. Terlebih, paket barang tersebut adalah rawan rusak. 

Kalimat Stiker Peringatan, seperti: “Hati-Hati, Barang Mudah Pecah”. “Berbahaya !! Jangan Dibanting”. Atau gunakan kalimat khas anak muda. “Mudah Patah Seperti Hatiku.” “Barang ini Jangan Dibanting, Seperti Hatiku yang Digantung”. Kalau ada kalimat tersebut, dipastikan kurir atau pelanggan Anda akan terhibur dan hati-hati membawa paket tersebut.

5. Pasang Pesan Personal pada Paket

Selain kalimat peringatan, Anda bisa pasang kalimat personal bernada kepedulian, pesan inspiratif atau pesan motivasi pada paket barang tersebut. Gunakan quote-quote inspiratif. Apalagi, Anda adalah perusahaan atau penjual produk secara online. Melalui pesan personal ini, pelanggan Anda merasa diperhatikan, dipedulikan, dan merasa memperoleh perlakuan spesial. Sehingga melahirkan kesan mendalam dalam hati mereka. Dijamin deh, pelanggan Anda pasti memesan produk Anda lagi.  

 6. Pilih Jasa Ekspedisi Terpercaya

Bila tahap poin (1) hingga (5) di atas sudah dijalani, maka segera pilih jasa pengiriman atau jasa ekspedisi yang terpercaya dan berpengalaman. Apalagi, perusahaan ekspedisi yang berpengalaman pasti tahu tips dan trik menjaga paket-paketmu tetap utuh, aman dan selamat selama dalam perjalanan hingga sampai ke tangan pelanggan/konsumen Anda.

Nah, Percayakan Pengiriman Anda Kepada Kami:

Kelebihan-kelebihan kami adalah didukung oleh para tenaga profesional yang berpengalaman dibidangnya, kami menangani setiap pengiriman anda dengan baik dan bertanggung jawab. Didukung pula dengan komputerisasi di setiap tahapan proses untuk memastikan setiap pengiriman dapat terlaksana dengan baik.

Hubungi Kami :

PT. Sumber Urip Cargo

JL Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Telpon : +62 (21) 6260966.

Fax : +62 (21) 6286056

No WA : +62 813 12345380

Email   : [email protected]

====

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *