JAKARTA: Ruas jalan Tol Layang Dalam Kota Jakarta Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer resmi beroperasi. Sehingga, menunjang kinerja para pelaku usaha logistik di Jabodetabek. Jalan tol ini adalah bagian dari pembangunan enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta.

Menurut Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Provinsi DKI Jakarta, Adil Karim, banyak manfaat dengan ruas tol ini. Yakni mempercepat pergerakan masyarakat, meningkatkan akselarasi kegiatan distribusi logistik Jabodetabek, khususnya dari Tanjung Priok ke wilayah Bekasi dan sekitarnya. “Di Bekasi, cukup banyak aktivitas pabrik dan Industri maupun logistik. Hal ini tentu akan sangat membantu pergerakan distribusi logistik antar wilayah,” ujarnya, dalam rilis, Senin (23/8/2021). Menurut dia, idealnya kawasan Jabodetabek terintegrasi dalam akses tol langsung untuk memudahkan pergerakan orang maupun barang.

BACA JUGA: Rute KA Logistik dari Surabaya ke Jakarta Aktif Kembali

Namun, dia meminta agar tarif tol terjangkau. Bila terlalu mahal, maka tidak membuat biaya logistik menjadi turun secara signifikan. “Jangan sampai tarif tol mahal, sehingga bukan menjadi pilihan,” katanya. Dia mengingatkan kasus enggannya armada truk logistik dalam memanfaatkan akses tol langsung Pelabuhan Tanjung Priok karena tarif memberatkan trucking.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Dalam Kota Jakarta Kelapa Gading-Pulo Gebang, Senin (23/08). “Alhamdulillah, pada pagi hari ini Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Jokowi. Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang terhubung dengan Kawasan Ekonomi Khusus Marunda dan terhubung juga dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Hal itu tentu saja akan memperkuat, meningkatkan daya saing, serta memudahkan mobilitas masyarakat di Jakarta. Pembangunan jalan tol ini menggunakan skema pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Pembangunan jalan tol tersebut dilakukan secara bertahap yaitu tahap 1 sepanjang 31,2 kilometer yang terdiri dari Seksi A Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer, Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 kilometer dan Seksi C Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 kilometer.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan mendukung pembanguna infrastruktur jalan untuk menunjang bisnis. SUC punya armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:

PT. Sumber Urip Cargo

JL Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Telpon: +62 (21) 6260966

Fax: +62 (21) 6286056

No WA: +62 813 12345380

Email: [email protected]  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *