JAKARTA: Pandemi Covid-19 sudah berlangsung 2 tahun sejak 2020. Banyak aktivitas orang dibatasi dan sebagian besar kegiatan dijalani secara online. Seperti pekerjaan, belajar mengajar, silaturrahmi, reuni, serta transaksi jual-beli barang atau pengiriman paket barang. Kondisi ini ada benarnya, karena bertujuan mengurangi intensitas penularan dan memutus rantai virus Covid-19. Namun, kelamaan di dalam rumah membuat sebagian besar orang jadi jenuh. Tim Admin Website SUC punya 6 tips dari berbagai sumber agar tetap produktif selama WFH.

1. Bikin Jadwal Harian (To Do List)

Buat jadwal tetap secara rutin tiap hari. Seperti jadwal bangun tidur, pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, jadwal break (waktu santai) hingga jadwal bersama keluarga. Tetapkan jadwal yang jadi prioritas dan penting dari To Do List ini. Sehingga, tugas kantor bisa dikerjakan secara efektif dan efisien, namun pekerjaan rumah juga rapi. Anda juga tetap bisa berinteraksi dengan anggota keluarga secara pas.

2. Susun Ruang Kerja

Tips Produktif WFH kedua adalah untuk susun ruang kerja secara nyaman dan efisien. Ada kursi dan meja kerja secara khusus, sehingga mudah menyelesaikan pekerjaan. Pastikan kouta internet cukup untuk kelancaraan WFH seperti sesi Zoom, Google Meet, Webinar, dan sebagainya.

3. Batasi Pakai Gadget

Salah satu sumber godaan saat bekerja di rumah (WFH) adalah penggunaan gadget (smartphone, tablet, dll) untuk urusan di luar pekerjaan, seperti gaming, scroll media social, chatting, browsing, dll. Kontrol diri dalam memakai gagdet dan pakai untuk menunjang pekerjaan. Kalau untuk di luar pekerjan, pakai seperlunya saat break.

4. Membaca Buku, Jurnal atau Fiksi

Membaca buku, jurnal atau fiksi adalah tips kedua untuk menambah wawasan Anda selama di rumah saja. Pastikan Anda memperoleh ilmu, pengetahuan dan wawasan baru selama pandemi. Misalnya, paham mengenai virus Covid-19, bagaimana mengobati bila terpapar dan mencegah penyebaran lebih luas. Anda juga terhibur saat baca buku fiksi.

BACA JUGA: Ini 6 Tips Mindfulness dan Bahagia selama Pandemi

5. Olahraga Rutin

Olahraga rutin membuat badan menjadi segar kembali dan tidak kaku karena keseringan berdiam diri duduk saat bekerja atau santai. Pastikan rutin olahraga di luar rumah, termasuk terkena paparan sinar matahari untuk meningkatkan imun tubuh. Anda juga bisa olahraga Yoga di dalam rumah mengikuti intruksi video tutorial Yoga di Youtube atau TV. Tips ini diyakini dapat membuat anda tetap produktif selama WFH. 

6. Manjakan Diri saat Break

Setelah menyelesaikan pekerjaan kantor secara WFH atau beres-beres rumah, Anda bisa me-refresh diri dengan melakukan aktivitas yang disukai. Seperti hirup udara segar di luar rumah, memperhatikan ikan di akuarium, bercengkerama dengan anggota keluarga, mendengarkan musik atau menonton film pendek.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan mendukung usaha masyarakat tetap produktif bekerja berselama pandemi. SUC punya armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:

PT. Sumber Urip Cargo

JL Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Telpon: +62 (21) 6260966

Fax: +62 (21) 6286056

No WA: +62 813 12345380

Email: [email protected]  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *