JAKARTA: Hingga September 2021 ini, Pandemi Covid-19 belum berakhir. Umumnya, sebagian masyarakat sempat mengalami kejenuhan atau stres selama berdiam diri atau bekerja di rumah (Work From Home/WFH) akibat PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Untuk itu, Admin Website SUC ungkap 6 Tips Mindfulness dan Bahagia selama Pandemi, dikutip dari harianjogja.com, Jumat (9/3/2021). Berikut tip-tip anti stres:

1. Gunakan Gagdet Seperlunya

Manfaatkan gadget seperlunya. Bila perlu dimatikan. Biarkan pikiran Anda rileks. Berbaring dalam keheningan. Sesekali duduk dekat taman atau dengarkan air mengalir dari kolam. Detoks digital bisa membantu Anda tetap waras.

2. Meditasi

Praktik ini bisa diikuti setiap orang, minimal dua kali dalam sepekan. Meditasi atau dzikir (bila Anda muslim), akan membantu Anda mengurangi/mencegah kecemasan dan kekhawatiran. Setelah Anda fokus pada pernapasan Anda, maka Anda akan belajar bagaimana menjadi lebih siap menghadapi kehidupan.

BACA JUGA: 8 Tips Agar Tidak Stres selama Pandemi COVID-19

3. Manjakan Diri (Me Time)

Di sela-sela WFH, sesekali Anda memanjakan diri. Atur jadwal WFH dan me-time. Intinya, buat aktivitas yang membuat Anda senang. Seperti menikmati kue yang diimpikan, bermain game, memasak menu yang belum pernah dicoba, mencuci piring, pakaian dan membereskan rumah. Lakukan semuanya dengan senang hati.

4. Dengarkan Musik

Musik adalah bentuk terapi yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Pasang musik dan dengarkan lagu favorit Anda untuk menghibur diri. 

5. Jalani Diet Sehat

Pola makan yang sehat akan membuat tubuh Anda menjadi sehat. Diet sehat dengan nutrisi dan vitamin yang tepat akan memberikan Anda kesehatan, hati menjadi bahagia dan pikiran jadi tenang. Anda harus mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

6. Menerima Kenyataan

Sebagai tips bahagia yang terakhir: terima situasi yang terjadi. Misalnya, pandemi ini memang ada dan tak bisa dibuat marah. Sadari emosi Anda dan ketahuilah bahwa sebagai manusia, kita diizinkan untuk memiliki lebih dari satu jenis emosi. Jadi tidak apa-apa untuk mengalami semuanya pada tahap kehidupan yang berbeda. Namun, penting bagi Anda untuk mengenali mana yang tidak sehat dan tidak menyenangkan. Kuncinya adalah kesadaran diri agar bisa rangkul emosi Anda.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan mendukung sikap tenang dan tetap bahagia menghadapi pandemi. SUC memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:

PT. Sumber Urip Cargo

JL Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Telpon: +62 (21) 6260966

Fax: +62 (21) 6286056

No WA: +62 813 12345380

Email: [email protected]  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *