Tips Agar Tidak Stres

8 Tips Agar Tidak Stres selama Pandemi COVID-19 (Seri Pertama)

JAKARTA: Salah satu dampak psikologis yang timbul saat pandemi COVID-19 adalah psikosomatik. Menurut dr. Andri, dokter spesialis dan psikiater RS Omni Alam Sutera, salah satu penyebab psikosomatik saat pandemi adalah kecemasan akibat membaca/menonton berita-berita terkait COVID-19.

Nah, Admin Website SUC membahas 8 tips agar tidak stres selama pandemi COVID-19 yang bisa kurangi kekuatan sistem imun. Tips-tips agar pikiran Anda tetap sehat ini diolah dari situs www.ilovelife.co.id. Berikut Seri Pertama dari 2 Seri.

1. Jalani Social Media Distancing

Anda harus membatasi diri terhadap informasi dari media mainstream dan media sosial terkait COVID-19. Baca informasi yang penting untuk meningkatkan kesehatan.

Pertama, mute keyword (kata kunci) ‘COVID-19’ di media sosial. Abaikan konten-konten COVID-19 di grup Whatsapp.

Kedua, terapkan aturan “no gadget at home” agar anggota keluarga bisa fokus quality time di rumah. Batasi penggunaan media sosial di rumah untuk menjernihkan pikiran. Jangan membaca media sosial setelah pukul 21.00 WIB, agar pikiran menjadi rileks menjelang waktu tidur.

Ketiga, saring sebelum sharing. Hati-hati termakan berita hoax atau berita yang hanya mencari sensasi dengan headline yang berlebihan (clickbait). Baca info dari situs resmi pemerintah yakni www.covid19.go.id atau situs World Health Organization (WHO) yakni www.who.int.

BACA JUGA: Perubahan Pola Hidup Sesudah Pandemi COVID-19

2. Berkomunikasi dengan keluarga dan teman

Saat periode Work From Home (WFH) bisa Anda manfaatkan untuk membangun komunikasi yang lebih positif dengan keluarga dan teman. Hal yang jarang dilakukan jika bekerja di kantor. Membangun komunikasi yang positif ini juga bisa dengan dengan orangtua, saudara, teman kantor, atau teman nongkrong.

3. Lakukan Sesuatu yang Bisa Buat Bahagia

Tips agar tidak stres yang ketiga adalah: Anda bisa mulai menulis kisah diri/keluarga, bersepeda di tempat, memasak, mencoba resep baru, menjahit, olahraga, main musik, melukis atau merapikan rumah. Seperti merapikan lemari, merapikan meja rias, ruang tamu, membersihkan laptop, gadget, kabel-kabel charger, dompet, dan barang-barang pribadi yang selama ini terabaikan kebersihannya.

4. Buat Kegiatan secara Virtual

Kita perlu physical distancing selama pandemi. Tetapi, kita bisa “nongkrong” dan “kumpul” sama teman-teman. Caranya? memanfaatkan aplikasi Zoom, Skype, Google Hangout atau Instagram Live, dan kemudian melakukan kegiatan bersama-sama secara live/online dengan teman, seperti makan siang bareng, ngopi bareng di beranda rumah masing-masing, bersenda gurau sambil berjemur pagi, atau beribadah bareng. Biar tambah lucu dan bikin bahagia.

Demikian tips agar tidak stres pada seri pertama ini. PT Sumber Urip Cargo (SUC) mendukung pola hidup sehat fisik dan mental selama pandemi COVID-19 agar tetap bersemangat dan bahagia. Sebagai perusahaan ekspedisi, SUC memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:

PT. Sumber Urip Cargo

JL Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Telpon: +62 (21) 6260966

Fax: +62 (21) 6286056

No WA: +62 813 12345380

Email: [email protected] 

BAGIKAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Chat Support

Silahkan klik pada Icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau anda juga dapat mengirimkan email ke  [email protected]

× Butuh bantuan ?