JAKARTA: Apa itu ekspedisi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspedisi merupakan pengiriman surat, barang, logistik, dan sebagainya maupun perusahaan pengangkutan barang. Ekspedisi juga bisa diartikan suatu perjalanan penyelidikan ilmiah di daerah yang kurang dikenal, dan atau pengiriman para tentara untuk memerangi musuh yang letaknya jauh. Seperti dijelaskan dalam situs www.jasakirimmurah.com.

Secara umum, ekspedisi dikenal sebagai pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain yang lokasi/letaknya cukup jauh. Barang atau paket yang dikirim dalam ekspedisi dapat berupa barang dengan ukuran kecil, menengah atau ukuran besar. Bisa dalam jumlah sedikit atau banyak. Pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat yang lain akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan jasa ekspedisi.

Pengertian Jasa Ekspedisi

Jasa ekspedisi itu jasa pengiriman barang atau pengangkutan barang. Sebelumnya, perusahaan jasa ekspedisi sudah ada di Indonesia. Menggunakan angkutan KA, bus, truk, maupun moda lainnya. Namun, seiring menjamurnya bisnis online/toko online, pertumbuhan jasa ekspedisi pengiriman terus menjamur dan kini banyak ditemui di Indonesia. Munculnya perusahaan baru jasa ekspedisi juga didorong efek Pandemi Covid-19. Dengan adanya jasa ekspedisi barang maka pengiriman barang dari satu kota ke kota lain akan menjadi lebih mudah.

BACA JUGA: Apa Saja Informasi Penting pada Pengiriman Barang?

5 Manfaat Jasa Ekspedisi

Jasa ekspedisi memiliki banyak manfaat. Admin hanya sebutkan 5 manfaatnya, yakni: (1) Pengiriman Dokumen Penting, (2) Pengiriman Secara Kilat, (3) Pengiriman Barang Berharga, (4) Kepercayaan terjamin dengan Sistem Garansi, dan (5) Kemudahan Pengiriman/Antar Barang Ekspor/Impor/Antar Daerah.

Harga Paket Jasa Ekspedisi

Dikutip dari situs www.blog.thelorry.com, jasa ekspedisi Indonesia biasanya memberikan harga sesuai dengan tujuan dan jarak yang ditempuh. Semakin berat barang dan jarak lokasi tujuan semakin jauh maka harga pengiriman barang juga akan semakin mahal.

Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Jasa pengiriman barang ada dua istilah yaitu jasa ekspedisi dan pengiriman cargo. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara keduanya. Namun pandangan masyarakat terhadap jasa pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo seperti sudah ter-setting bahwa pengiriman ekspedisi adalah pengiriman barang dalam skala kecil, sedangkan jasa pengiriman cargo adalah pengiriman barang dalam jumlah dan skala yang besar. Fungsi keduanya dapat dikatakan sama yaitu mendistribusikan barang atau paket ke alamat tujuan.

Jenis Pengiriman Barang Ekspedisi

Jenis jasa kirim barang ekspedisi ada ekspedisi khusus dan ekspedisi reguler, ekspedisi khusus dan ekspedisi spesial. Setiap jasa ekspedisi biasanya memberikan layanan pilihan pengiriman standar, pengiriman kilat atau pengiriman lainnya. Bagi kamu yang memilih pengiriman kilat biasanya pengiriman barang akan lebih didahulukan daripada pengiriman standar.

Cara Kerja Perusahaan Ekspedisi

Tanpa adanya barang yang akan dikirimkan maka perusahaan tidak akan bisa berjalan. Namun, barang yang dikirim harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan perusahaan.

Pengemasan Barang (Packing)

Untuk menjamin keselamatan barang tanpa kerusakan, maka metode dan jenis pengemasan barang akan sangat mempengaruhi terhadap barang yang akan dikirim. Barang pecah belah, barang berbentuk cairan dan makanan biasanya mendapat perhatian khusus dalam pengemasannya bahkan beberapa ekspedisi tidak mau menerima barang-barang tersebut jika tidak dikemas dengan baik.

BACA JUGA: Cara Mengemas Barang Agar Tetap Aman Sampai Tujuan

Administrasi Dokumen

Surat-surat administrasi dokumen dari pihak terkait biasanya diurus oleh perusahaan jasa ekspedisi. Pengiriman barang di Indonesia ada yang memakai kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Semakin banyak jangkauan dan semakin terkenal suatu jasa ekspedisi maka semakin meyakinkan ekspedisi tersebut.

Salah satu perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia adalah PT Sumber Urip Cargo (SUC). SUC mampu menangani setiap pengiriman Anda dengan baik dan bertanggung jawab. Karena didukung tenaga profesional yang berpengalaman dibidangnya serta penerapan sistem komputerisasi di setiap tahapan proses untuk memastikan setiap pengiriman berjalan sampai di tempat tujuan dengan aman.

Hubungi Kami:

PT. Sumber Urip Cargo

JL Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Telpon: +62 (21) 6260966.

Fax: +62 (21) 6286056

No WA: +62 813 12345380

Email: [email protected]  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *