Tips Untuk Memulai Bisnis Online

Tips Untuk Memulai Bisnis Online dari Nol

JAKARTA: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melaporkan ada 29,4 juta orang terdampak pandemi Covid-19. Jumlah itu termasuk mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan tanpa upah hingga pengurangan jam kerja dan upah. “Ini situasi yang sangat susah sebenarnya,” kata Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, dalam diskusi daring, Sabtu (27/3/2021).

Untuk itu, Anda tenaga kerja yang terkena PHK harus segera bangkit kembali. Memulai bisnis berjualan online dari nol. Meski itu bukan hal yang mustahil. Karena banyak pengusaha yang sukses memulai bisnis online tanpa memiliki bekal yang banyak, alias dari nol. Anda bisa memulai bisnis kapan pun dan di mana pun, terutama didukung kemajuan teknologi digital. Dibutuhkan adalah keberanian memulai, jangan takut untuk mencoba, dan harus terus berupaya. Semua bisnis, baik kecil maupun besar itu pasti memiliki tantangan.

Yuk Ikuti 5 Tips Memulai Bisnis dari Nol, dikutip dari situs www.idntimes.com:

1. Tentukan Produk/Jasa yang Anda Pasarkan

Tips untuk memulai bisnis yang pertama adalah: Anda harus tahu produk apa yang akan dijual, baik barang maupun jasa. Bila sudah mengetahui produknya, maka Anda harus memahami produk yang akan Anda jual tersebut. Kemudian, ketahui produsennya (bagi reseller), bahan baku produk, kualitas, ketahanan produk, dan sebagainya. Pemahaman produk akan memudahkan Anda menjual produk ke calon pembeli. 

2. Riset Pasar

Riset pasar adalah kunci mendasar ketika Anda ingin memulai bisnis dari nol. Melakukan riset terhadap produk-produk yang dijual di pasar. Misalnya, produk apa saja yang laku di pasaran, atau kualitas seperti apa yang diinginkan pembeli, dan harga yang pantas. Nah di era teknologi ini, kamu bisa dengan mudah melakukan riset pasar di platform-platform marketplace yang ada. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, Shopee, dan sebagainya.

Misalnya Anda sudah mengetahui produk apa yang Anda jual, Anda bisa mencari produk sejenis di platform-platform tersebut, lalu mengetahui harga, varian, atau kualitas apa yang diminati konsumen. Bahkan, Anda juga bisa mengetahui ekspedisi apa yang paling diminati konsumen ketika berbelanja online.

3. Cari Supplier Terpercaya

Jika Anda ingin berjualan online sebagai reseller atas produk tertentu, maka Anda harus mencari supplier yang terpercaya. Namun, bila ingin menjual produk buatan sendiri, Anda juga harus mencari supplier bahan baku yang terpercaya.

Nah, Anda juga bisa mencari supplier di platform marketplace atau ke tempat-tempat produsen. Jika Anda punya misi memberdayakan produsen lokal, maka Anda bisa mengunjungi daerah-daerah perajin, kemudian menjual produk-produk buatan perajin lokal di toko online milik Anda.

BACA JUGA: Tips Aman Kirim Barang Selama PPKM Berlangsung

4. Buat Nama Brand/Toko Online Milik Anda

Anda juga harus menetapkan nama brand atas produk yang akan Anda jual, atau nama toko online-mu yang menarik dan juga melekat di ingatan konsumen. Menentukan nama harus bagus, karena nama juga menentukan citra bisnis itu sendiri.

BACA JUGA: Tips Agar Bisnis Bertahan di Era Pandemi Covid-19

5. Akun E-Commerce, Media sosial, dan Website

Sebagai tips untuk memulai bisnis online terakhir, Anda wajib memiliki akun e-commerce, akun media sosial, dan situs website agar dianggap serius berbisnis online. Anda tinggal membuat akun e-commerce, akun media sosial, dan situs website yang kini mudah dibuat. Bila prasyarat di atas sudah dipenuhi, Anda harus rajin mengunggah produk yang Anda jual baik ke e-commerce, media sosial, dan website. Pastikan foto atau video produk yang diunggah memiliki kualitas yang baik.

Selanjutnya, ke depan, demi memperluas jangkauan produk, menambah konsumen, dan meningkatkan penjualan, Anda juga bisa memanfaatkan jasa iklan di internet untuk mempromosikan produk yang dipasarkan. Semoga sukses. So, jangan menyerah, ya.

PT Sumber Urip Cargo (SUC) merupakan perusahaan ekspedisi nasional dan mendukung korban PHK untuk bangkit kembali berbisnis online. SUC memiliki sejumlah armada truk dan kendaraan barang yang beroperasi di Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau NTB. SUC selalu update layanan secara digital sehingga mudah diakses di smartphone para pelanggan.

Hubungi Kami:

PT. Sumber Urip Cargo

JL Pangeran Jayakarta, No. 16/6-7, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730

Telpon: +62 (21) 6260966

Fax: +62 (21) 6286056

No WA: +62 813 12345380

Email: [email protected]

BAGIKAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Chat Support

Silahkan klik pada Icon dibawah ini untuk menghubungi tim support kami, atau anda juga dapat mengirimkan email ke  [email protected]

× Butuh bantuan ?